AKSI PDAM BONE BOLANGO DI ULANG TAHUN KE 8

PDAM Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mengadakan jalan sehat, Jumat 16 Agustus 2019. Jalan sehat yang diikuti oleh karyawan dan karyawati PDAM Bone Bolango, juga diikuti oleh jajaran pemerintahan Kecamatan Kabila, serta siswa-siswi Sekolah Dasar se Kecamatan Kabila.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jalan sehat kali ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya, serta mengkampanyekan budaya hemat pemakaian air bersih.

Dua tema yang diangkat dalam jalan sehat tersebut juga dalam rangka menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, amanat Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango untuk meraih kembali Adipura, serta dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun PDAM Kabupaten Bone Bolango ke 8, yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

Direktur PDAM Bone Bolango, Yusar Laya, mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat tersebut sangat bermanfaat, karena bukan hanya mengajak orang untuk berolahraga, tetapi juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga lingkungannya.

“Kegiatan ini sangat positif, karena disamping mengajak masyarakat untuk pola hidup sehat, juga dapat membangkitkan semangat jiwa nasionalisme sekaligus bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya, serta mendukung upaya pemerintah daerah untuk dapat meraih kembali penghargaan Adipura”, kata Yusar.

Ditambahkan Yusar, bahwa disamping mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, juga diharapkan untuk selalu menghemat pemakaian air bersih.

“Kami juga selaku penyedia air bersih di Bone Bolango, mengajak kepada masyarakat untuk selalu menghemat penggunaan air bersih, apalagi sudah beberapa bulan ini, musim kemarau sedang melanda negeri kita, yang imbasnya di daerah-daerah termasuk kita yang ada di Kabupaten Bone Bolango, sumber airnya mulai menipis”, jelas Yusar.

Yusar Laya yang juga Sekretaris Dewan Pengawas Induk Koperasi Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia, memberikan beberapa langkah mudah menghemat penggunaan air bersih dalam kehidupan sehari-hari, seperti mematikan keran air ketika kita tidak sedang menggunakan air mengalir baik saat menggosok gigi ataupun saat menyabuni badan, kemudian membiasakan mandi tidak terlalu lama, mencuci seefisien mungkin, menyiram tanaman secukupnya, memperbaiki keran yang bocor, serta menyiapkan dan mengisi wadah penampungan air agar bisa mengurangi pemakaian serta tagihan rekening air.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk memulai hal-hal yang sederhana, mudah diimplementasikan, efektif serta efisien, namun bisa berdampak besar kedepan terhadap kondisi air di Indonesia”, harap Yusar.

Aksi jalan sehat sambil memungut sampah tersebut mengambil start dan finish di depan Kantor Pusat PDAM Bone Bolango, dan diikuti oleh 350 orang. (FB-2019)

Share this article on

Berita Terkait