BANJIR, PIPA TRANSMISI PDAM BONE BOLANGO PUTUS

Suplai air bersih PDAM Bone Bolango di wilayah Tapa-Bulango Cs hingga saat ini (22/06/2019) masih terganggu. Gangguan ini dikarenakan putusnya pipa 400 mm di sungai Bulango akibat banjir besar pada hari Minggu, 16 Juni 2019.

Kepala Bagian Tekhnik PDAM Bone Bolango, Hamdi Pambi, menyebutkan bahwa perbaikan kebocoran pipa tersebut menyebabkan sebagian besar wilayah Tapa dan Bulango mengalami gangguan padamnya aliran air ke rumah pelanggan.

”Hampir sebagian besar wilayah Tapa dan Bulango airnya belum normal, karena masih ada perbaikan kebocoran pipa transmisi dari Intake menuju Instalasi Pengolahan Air Longalo”, kata Hamdi.

Perbaikan tersebut kata Hamdi sedikit memakan waktu, karena terkendala dengan masih tingginya debit air sungai Bulango.

“Memang setelah mendapat laporan dari operator di lapangan, kami langsung menuju lokasi, dan langsung melihat apa yang menjadi kebutuhan pada pekerjaan tersebut. Namun untuk actionnya, menunggu sampai debit air sungai surut, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu”, ujar Hamdi.

Merespon apa yang menjadi keluhan pelanggan di beberapa wilayah terdampak, Hamdi menjelaskan bahwa pengisian air di pipa setelah pekerjaan kebocoran tersebut juga membutuhkan waktu hingga airnya bisa normal kembali.

“Kira-kira memakan waktu kurang lebih seminggu untuk menormalkan pendistribusian air. Karena saat perbaikan kebocoran, pipa transmisi kami itu dalam posisi kosong, dan butuh waktu sehingga air dari Intake menuju Instalasi kembali normal, karena jarak antara Intake dan Instalasi yang lumayan jauh”, jelas Hamdi.

Olehnya Hamdi berharap, dalam beberapa waktu kedepan, pelayanan air bersih ke pelanggan segera terpenuhi.

“Selaku pihak penyedia air bersih di Bone Bolango kami mohon maaf atas terganggunya pelayanan kami, dan mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan pelayanan kami sudah normal”, harap Hamdi. (FB-2019)

Share this article on

Berita Terkait