BPPSPAM Tantang PDAM Lebih Terbuka Kepada Masyarakat

Perubahan pola pikir masyarakat yang menginginkan keterbukaan informasi terhadap kinerja lembaga publik merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menarik Pemerintah, pelanggan, investor dan masyarakat untuk berperan serta mencapai target akses aman air minum sebesar 100%.

“Dengan memberikan informasi secara terbuka dan mengemasnya secara menarik, saya yakin pemilik modal dan masyarakat dapat membantu PDAM meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat,”kata Anggota Unsur Pemerintah BPPSPAM, Eko Wiji Purwanto dalam sambutannya pada acara , Workshop Pelaksanaan Komunikasi Publik Penyelenggaraan SPAM di PDAM di Yogyakarta pada Kamis ( 26/04/18). Adapun nara sumber yang hadir dalam workshop adalah Advisor BPPSPAM, M. Aulawi Dzin Nun; Deputy Director Bisnis Indonesia Learning Centre, Aditya Novriadi dan PT. RWE Bhinda.

CEO PT. RWE Bhinda, David Riyanto yang menyampaikan materi tentang Strategi Komunikasi Penyelenggaraan SPAM mengatakan bahwa ada 4 hal dasar komunikasi yaitu ada Komunikator yaitu orang yang menyampaikan pesan, Komunikan adalah orang yang menerima pesan, ada pesan yang akan disampaikan dan ada media sebagai alat untuk menyampaikan. Mengingat saat ini Komunikan atau audience memegang kendali penuh media apa yang ingin mereka konsumsi maka komunikator harus mengetahui cara mengemas informasi secara tepat sehingga dapat masuk ke dalam platform media yang sering digunakan audience untuk mencari informasi.” Pada dasarnya pemahaman terhadap media dan target audience merupakan kunci efektifitas sebuah komunikasi kepada publik, “ujar David.

Beberapa materi lain yang disampaikan dalam workshop antara lain : Peran Komunikasi Publik dan Media Dalam Peningkatan Kinerja PDAM, Pengantar Menjaga Kepentingan yang Seimbang antara PDAM dengan Pelanggan,Tata Cara penulisan Efektif, Smart Phone fotografi dan Membuat Infografis dalam 24 jam.

Safira Wartabone, perwakilan PDAM Bone Bolango mengatakan bahwa materi-materi yang di bawakan para pemateri sangat baik. "Ini menjadi referensi baru yang akan kita implementasikan di PDAM Bone Bolango. Apalagi ini berkaitan langsung dengan pelanggan melalui media sosial. Sangat-sangat bermanfaat materinya." kata Safira yang juga di dampingi Fahmid Bahsoan.

 

 

*Sumber :

Foto : Fahmid

(el/Irn)

BPPSPAM

 

Share this article on

Berita Terkait