Pertama Di Indonesia Timur, PDAM Bone Bolango Lakukan Survey Kepuasan Pelanggan

PDAM Bone Bolango mendapat predikat baik (B) pada Survey Kepuasan Pelanggan tahun 2018. Hal tersebut sebagaimana terungkap dalam pemaparan hasil survey kepuasan pelanggan oleh tim Independen PT. Wahana Data Utama, yang turut di saksikan langsung oleh Bupati Bone Bolango di ruang kerja Direktur PDAM Bone Bolango, akhir Mei 2018.

Dari hasil survey yang di gelar selama dua bulan tersebut, PDAM Bone Bolango pada rangkuman Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) mendapat nilai 77,71, atau dengan nilai mutu Baik. Metode dalam survey ini menggunakan pendekatan kuantitatif kepada responden yang tersebar di wilayah Bone Bolango.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou merespon positif apa yang dilakukan PDAM Bone Bolango untuk mengukur kinerja pelayanan pada masyarakat selama ini. “Ini menjadi prestasi yang luar biasa bagi PDAM Bone Bolango, bisa melakukan survey kepuasan pelanggan. Karena hanya Corporate besar yang bisa menyelenggarakan survey semacam ini”, puji Hamim.

Hamim juga mengingatkan agar PDAM Bone Bolango lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Seperti yang sudah dipaparkan para surveyor, bahwa rata-rata pelanggan memberikan apresiasi baik kepada PDAM Bone Bolango. Tapi tidak sedikit juga keluhan serta kekurangan dari PDAM itu sendiri, dan ini yang harus ditingkatkan, pelayanan harus lebih maksimal. Karena ini sebuah perusahaan, maka hendaknya menjadikan pelanggan sebagai tujuan terakhir, dengan kata kunci kepuasan pelanggan”, ujar Hamim.

Sementara itu Direktur PDAM Bone Bolango, Yusar Laya mengaku sangat puas dengan hasil survey yang dilakukan oleh tim Indpenden. “Sengaja saya menggunakan tim Independen untuk mengukur sejauh mana kelebihan dan kekurangan kita di PDAM. Terbukti disamping kita dapat predikat baik, adapula beberapa kekurangan yang perlu kita benahi kedepan”, kata Yusar.

Yusar menambahkan bahwa akan melakukan evaluasi bersama jajaran PDAM Bone Bolango dari hasil survey yang sudah dilakukan. “Insha Allah setelah ini, kita akan melakukan evaluasi apa saja yang menjadi keluhan pelanggan seperti kualitas air, tekanan air saat beban puncak. Ini yang akan kita perbaiki, dan survey semacam ini akan kita lakukan setiap tahun untuk mengukur kinerja PDAM Bone Bolango terhadap kepuasan pelanggan”, jelas Yusar. (FB-2018)

 

 

 

 

 

Share this article on

Berita Terkait